Rental Jeep Bromosewa jeep bromoSewa Jeep Murah

Berbahaya, Jalur Wisata Bromo Rawan Ambrol

Sejumlah titik menuju kawasan wisata Gunung Bromo via jalur Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo rawan longsor. Salah satunya titiknya, terlihat di daerah Jurang Perahu, Dusun Jombok, Desa Wonokerto.

Di kawasan itu, terjadi longsor sepanjang 20 meter dimana bahu jalan ambrol dengan kedalaman bawah 8 meter. Akibatnya, pembatas jalan yang terbuat dari besi baja menggantung. Hal itu diakibatkan oleh tanah bahu jalan alami longsor.

“Longsor ini terjadi Rabu kemarin, karena hujan lebat melanda kawasan pegunungan Bromo sejak beberapa pekan terakhir. Tanah menjadi gembur dan rentan terbawa arus air hujan,” terang Dodik Nurhuda, anggota Koramil Sukapura, Jumat (19/1/2018).

Kondisi ini membahayakan pengguna jalan, baik wisatawan yang hendak berkunjung ke Bromo maupun warga sekitar. Pasalnya, hingga saat ini belum ada perbaikan dari instansi terkiat. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, disekitar lokasi diberi tanda berupa tumpukan karung putih berisi tanah dan pasir.

“Untuk sementara kami memberi tanda dan karung untuk mencegah kecelakaan. Kami sudah melapor ke pihak BPBD dan PU terkait longsor itu, karena untuk perbaikan dan pembangunannya ada pada instansi itu. Silahkan hubungi untuk konfirmasi lebih lanjut,” jelas Camat Sukapura, Yulius Christian.

Selama musim penghujan ini, lanjut Yulius, pihaknya menghimbau kepada wisatawan dan warga setempat untuk waspada. Karena selama musim penghujan, kawasan pegunungan Bromo Rawan dengan longsor. “Selalu berhati-hati dan waspada, rawan longsor mas,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *